Satu dalam Persaudaraan, Satu Indonesia Sambut Kejayaan!!
banner 728x90

Situasi Pandemi Tidak Menghambat Pembudidaya Belut yang Satu Ini

nahdloh.com~ Tasikmalaya, Kita tau sendiri Negeri tercinta sedang dilanda wabah Covid-19 yang amat dahsyat, sehingga memakan banyak korban dimana-mana.

Dampaknya pun tidak hanya di titik itu saja, hampir melumpuhkan setiap liding sektor. Mulai dari ekonomi, pendidikan, sosial dan yang lainnya.

Mengenai ekonomi, negara kita mengalami anjlokan yang sangat besar. banyak sekali para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang gulung tikar, para buruh pabrik yang kena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), sehingga angka pengangguran meningkat pesat.

Namun kondisi ini tidak boleh berlarut-larut, semua elemen harus bangkit dari keterpurukan ini. mulai dari diri sendir, keyakinan dan tekad yang kuat sampai kesejahtraan merata di negri tercinta.

Hal inilah yang dilakukan pak Nurmaki warga Sangkali 004/003 Desa Cogreg Kec. Cikatomas. Di tengah merosotnya ekonomi ini, ia mencoba menjadi pmbudidaya Belut.

Dengan modal sederhana namun mempunyai komitmen kuat. Ia yakin yang ia jalani akan membuahkan hasil di kemudian hari.

“Mudah-mudahan budidaya ini akan membuahkan hasil di kemudian hari. sebab peluang pasar dan persaingan pada usaha budidaya belut ini tergolong rendah.” katanya waktu dihubungi via WhatsApp, Senin, (15/08).

Usaha ini ia tekuni sejak akhir tahun 2019 mula. dengan memanpaatkan kolam kecil dekat rumahnya dan modal uang 1,5 juta untuk membeli bibit belut dan kebutuhan lainnya ia memulai budidaya belut itu.

Dengan ketekunan dan keuletannya dalam berbudidaya, usahanya pun membuahkan hasil. Saat ini ia memiliki dua kolam tembok dan dua kolam terpal yang pengelolaannya dibantu satu karyawannya.

“budidaya yang saya jalankan ini Masih relatif kecil, walaupun demikian, semangat untuk melakukan perubahan di diri saya dan lingkungan sekitar sangat besar. Mudah-mudahan, saya bisa menciptakan perubahan besar, khususnya di bidang ekonomi,” pungkas Pengurus GP Ansor PAC Cikantomas ini.*** (Ilhamabj)

Tags: ,
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan