Satu dalam Persaudaraan, Satu Indonesia Sambut Kejayaan!!
banner 728x90

Sikapi Covid-19, MA al-Hikmah Mulai Penugasan dan Ujian Online di Rumah

siswa MA al-Hikmah sedang mengakses ujian madrasah dari kediamannya, 16 Maret 2020 (Dok. Istimewa)

nahdloh.com~ Kota Tasikmalaya, Seluruh pembelajaran sekolah ataupun madrasah terkait merebaknya virus Corona alias Covid-19, diinstruksikan menerapkan metode belajar di rumah. Termasuk MA Al-Hikmah yang sebelumnya sudah merencanakan Ujian Madrasah mulai 16-24 Maret.

Wakamad bidang Kurikulum, Suci Noorbayani mengatakan, sesuai surat edaran, meski sudah persiapan ujian, diputuskan mulai hari senin siswa tidak datang ke sekolah, meskipun seharusnya Ujian Madrasah di sekolah untuk kelas 12.

“Kita ikuti instruksi pemerintah, siswa cukup di rumah untuk mengikuti pembelajaran ataupun penugasan dan ujian,” kata Suci dalam keterangannya, Senin, 16 Maret 2020.

siswa MA al-Hikmah sedang mengakses ujian madrasah lewat android dari kediamannya, 16 Maret 2020 (Dok. Istimewa)

Menurutnya, saat ini sekolah sangat menunjang, pun jika siswa harus belajar online di rumahnya termasuk ujian, alhamdulillah sebelumnya juga penugasan dan ujian online sudah biasa dilakukan, hanya memindahkan tempat saja.

“UTS dan PAS online sudah biasa dilakukan, saat keadaan seperti ini tinggal memindahkan tempat saja, juga kontrol dan komunikasi dengan orang tua, masing-masing,” papar Suci.

Suci menjelaskan metode belajar atau ujian di rumah dilakukan menggunakan aplikasi yang juga saat ini direkomendasikan oleh dinas pendidikan. Siswa dan guru bisa berinteraksi dan bertanya di group kelas dengan mengakses secara daring lewat akunnya masing-masing.

“Guru hanya buat konten penugasan, ataupun soal ujian dan disebar di kelas virtual siswa itu,” ucap Suci.

siswa MA al-Hikmah sedang mengakses ujian madrasah dari asrama pesantrennya, 16 Maret 2020 (Dok. Istimewa)

Untuk komunikasi dan informasi cepat, khusus kelas 12 yang akan ujian dibuatkan group WA dan Telegram, insyaAllah ini bisa berjalan lancar

Sebelumya beredar Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 13/2020 tentang Kewaspadaan Dini, Kesiapsiagaan dan Tindakan Antisipasi Pencegahan Infkesi Covld-19 di Lingkungan Kementerian Agama dan Surat Edaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Nomor 2313/Kw.10/1.5/KS.1.7/03/2020, Surat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Nomor 443/3302-Set.Disdik tentang Pelaksanaan Ujian Nasional dan KBM, kemudian diteruskan SE Kemenag Kota Tasikmalaya Nomor :0884/Kk. 10.21/PP.00/03/2020 Perihal Pelaksanaan Ujian Akhir Nasional dan Kegiatan Belajar, bahwa KBM diliburkan mulai tanggal 16-29 Maret 2020, begitupun Ujian Nasional ditunda sementara waktu sampai dengan waktu yangg ditentukan kemudian. (cp)

Tags:
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Suara Nahdliyyin
%d blogger menyukai ini: