Satu dalam Persaudaraan, Satu Indonesia Sambut Kejayaan!! Refleksi Kang Yayan di Acara Lentera Kiai Muda - Suara Nahdliyyin
banner 728x90

Refleksi Kang Yayan di Acara Lentera Kiai Muda

nahdloh.com~ Tasikmalaya, Dalam acara “Lentera Kiai Muda” yang disiarkan langsung di TVNU itu. Di akhir sesi acara,
kang Yayan mengutip pendapat Syekh Tantowi Jauhari dalam Al-Jawahir fi Tafsir Alquran bahwa
“kekurangan umat Islam yang menyebabkan umat Islam tertinggal dari umat yang lain itu cuma dua, kurang ilmu dan kurang persatuan”

Katanya, Ini adalah fakta. Bahwa kondisi umat Islam jauh tertinggal dalam hal penguasaan ilmu pengetahuan. Dilihat dari raihan nobel saja (sebagai salah satu barometer sains) umat islam hanya menyumbang 1,4 % (sekitar 12 orang) selama kurang lebih satu abad. Padahal, menurut kang Yayan ada sekitar 750 ayat dalam Al-Qur’an yang berbicara tentang ilmu pengetahuan.

Hal ini merupakan PR besar bagi kiyai muda sebagai pelanjut perjuangan kiyai sepuh untuk memacu semangat generasi muda dalam menguasai ilmu pengetahuan. Kang Yayan menegaskan, solusi pertama sayiduna Muhammad dalam memperbaiki umat adalah “iqro” membaca (sebagai simbol ilmu pengetahuan).

Kedua, kurang persatuan. Kang Yayan mengakhiri pemaparannya dengan mengajak kapada seluruh elemen bangsa untuk belajar melebur “aku” menjadi “kita” sebagaimana para ulama pendiri bangsa ini.*** (ilhamabj)

Tags: ,
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan