Satu dalam Persaudaraan, Satu Indonesia Sambut Kejayaan!!
banner 728x90

PWNU Jateng Dukung Kartanu Semarang, Wali Kota Semarang Punya Kartanu

nahdloh.com~ Semarang, Tim IT Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Semarang tengah menggiatkan proses digitalisasi aset yang diawali dengan pembuatan database anggota dan kartu anggota nahdlatul ulama (Kartanu). Ikhtiyar tersebut disambut dukungan dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah.

“Saya mendukung Kartanu (PCNU Kota Semarang) ini. Sebab kartanu ini memang wilayah PC,” kata Rais Syuriah PWNU Jateng, KH Ubaidillah Shodaqoh saat memberikan materi refleksi hari lahir (Harlah) ke 94 NU di gedung majlis taklim PCNU Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (31/1/2020) malam.

Menurut Kiai Ubaid, pembuatan kartanu oleh PCNU merupakan amanat organisasi sebagaimana tertera dalam peraturan organisasi (PO) NU, “Kartanu ini wewenang wilayah pengurus cabang, bukan wilayah,” ulangnya menegaskan.

Selain Kartanu, Kiai Ubaid juga mengingatkan pentingnya menjaga kedamaian dalam hidup bernegara. Dia mencontohkan beberapa negara yang tengah berkecamuk dalam konflik yang tak kunjung berkesudahan, satu diantaranya Suriah, “Suriah kayak apa?,” ujarnya.

Suriah sampai saat ini porak poranda dalam peperangan yang tak kunjung usai. Mulanya, konflik dipicu dengan adanya goncang ganjing isu ganti presiden yang terus berlanjut dengan isu-isu politik lainnya. Menurut Kiai Ubaid, hal tersebut tak lepas dari tidak adanya organisasi kemasyarakatan berbasis keagamaan yang seperti NU.

Cetak Kartanu
Dalam kesempatan itu, Rais Syuriah PWNU Jateng dan Wali Kota Semarang juga turut mencetak Kartanu PCNU Kota Semarang. Perlu diketahui, Kartanu yang diproduksi oleh PCNU Kota Semarang dengan infak pengganti cetak Rp.15.000 disebut memiliki banyak keunggulan. Proses input datanya dilakukan oleh tim IT Majlis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan.

Menurut ahli IT PCNU Kota Semarang, Herman Abu Bakar Alfanqiny, Kartanu produk PCNU Kota Semarang menggunakan bahan yang berkualitas dan nantinya dapat memiliki fungsi lebih dari sekedar kartu anggota karena dilengkapi dengan QR Code.

QR Code merupakan perangkat elektronik dua dimensi. Fungsinya, selain sebagai verifikasi juga nantinya bakal dimanfaatkan untuk keperluan kerjasama link dengan marchen-marchen lain, “Misalkan NU bekerjasama dengan rumah sakit atau E-Tol, untuk keperluan verifikasinya peru qr code,” kata Herman menjelaskan.

Dia melanjutkan, Kartanu dicetak dengan proses direct print ke blanko kartu PVC untuk mendapatkan hasil yang prima dengan durasi cetak kurang dari 1 menit dengan kekuatan kartu ditaksir lebih dari 3 tahun. Disinggung terkait jumlah target cetak, Herman mengatakan hasil koordinasi dengan 16 MWC NU mematok target cetak 5000 Kartanu dalam 3 bulan.

“Saat ini data masuk ada 2.517 warga tapi baru 637 yang sudah tercetak sesuai dengan pengajuan cetak dari MWC,” ungkapnya. (*)

Tags:
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Suara Nahdliyyin
%d blogger menyukai ini: