Satu dalam Persaudaraan, Satu Indonesia Sambut Kejayaan!! Polres Tasikmalaya Kota Tangkap 2 Penipu Bantuan Kemenag untuk Pesantren - Suara Nahdliyyin
banner 728x90

Polres Tasikmalaya Kota Tangkap 2 Penipu Bantuan Kemenag untuk Pesantren

Salahsatu pelaku AA (Kiri kaos Hitam berpeci) saat ditangkap oleh Reskrim dan Intel Polres Kota Tasikmalaya, Sabtu (20/2/2021) malam. (Foto. Istimewa)

nahdloh.com~ KOTA TASIKMALAYA, Kalangan pondok pesantren (ponpes) diminta semakin berhati-hati dengan tawaran sekelompok orang yang berdalih bisa membantu memberikan bantuan dari Kementerian Agama (Kemenag). Jika identitas mereka tidak jelas dan meminta uang dalam jumlah besar sebagai pelicin, maka patut diduga orang-orang tersebut adalah pelaku penipuan.

Fenomena penipuan berkedok bisa memberikan bantuan ke ponpes akhir-akhir ini juga marak di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat. Atas laporan dari masyarakat, Sabtu (20/2/2021) malam, sindikat ini berhasil diungkap oleh jajaran Kepolisian Resor (Polres) Tasikmalaya Kota.

Dua pelaku yang berhasil diringkus adalah berinisial AA dan AI. Keduanya selama ini sangat meresahkan karena meminta-minta uang ke sejumlah pengelola pesantren di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya dengan dalih bisa meloloskan bantuan dari Kemenag.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya Kota AKP Yusup Ruhiman SIP, SH, MH, mengatakan, kedua pelaku ditangkap di sekitar Kompleks Olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya tanpa ada perlawanan sekitar pukul 20.00 WIB. Penangkapan dilakukan oleh anggota Reskrim dan Intel Polres Kota Tasikmalaya.

“Pelaku sudah kita tangkap dan sekarang sudah diamankan di Polres Tasikmalaya Kota. Intinya kita akan memproses sesuai hukum, agar ada efek jera,” ungkapnya, Minggu (21/2/2021).

Dari penyelidikan awal, dua pelaku merupakan warga Nagreg, Kabupaten Bandung. Polisi juga berhasil mengamankan beberapa alat bukti penipuan, termasuk kendaraan dan alat komunikasi pelaku.

Kepala Seksi Pondok Pesantren Kemenag Tasikmalaya Kota Dadang Toha menyampaikan apresiasi terhadap kepolisian atas pengungkapan penipuan yang bermodus bantuan dari Kemenag.

“Kami dari Kemenag mengucapkan terima kasih kepada Polres Tasikmalaya Kota yang telah mengungkap dan menangkap pelaku penipuan. Penangkapan ini membuat masyarakat tak lagi resah,” ujar Dadang Toha.

Tak hanya itu, Kemenag juga menyampaikan terima kasih kepada Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Banser Kota Tasikmalaya yang telah mendampingi dan mengawal para kiai dan pesantren dalam upaya mengungkap kasus ini. Dukungan dan kolaborasi berbagai pihak tersebut membuat kejahatan ini bisa cepat terungkap.

Dari kasus ini, Kemenag Tasikmalaya Kota mengimbau kepada masyarakat agar mengecek setiap informasi terkait bantuan dari Kemenag. Menurut Dadang, setiap bantuan akan disampaikan secara legal dan prosedural. Sehingga, lanjut dia, jika ada pihak-pihak yang mencoba menawarkan atau menjanjikan bantuan, apalagi dengan sejumlah meminta uang jelas harus dicurigai sebagai penipuan.

“Demi kehati-hatian, kami mohon apabila ada informasi terkait bantuan dari Kementerian Agama mesti dicek dulu lewat Kemenag daerah,” pesan dia. (*)

Tags:
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Suara Nahdliyyin