Satu dalam Persaudaraan, Satu Indonesia Sambut Kejayaan!! Mediasi Literasi Santri, Pesantren Alhikmah Rilis Website dan e-Koran - Suara Nahdliyyin
banner 728x90

Mediasi Literasi Santri, Pesantren Alhikmah Rilis Website dan e-Koran

nahdloh.com~ Kota Tasikmalaya, Minggu malam (24/08) Pondok Pesantren Al-Hikmah Mugarsari resmi merilis Website Pesantren dan Koran Digital di sela Talk Show Tadarus Literasi yang diharapkan menjadi media atau wadah bagi para santri untuk menyalurkan Ide serta Kreatifitasnya dalam mengembangkan literasi dan sastra.

Bertempat halaman depan Asrama Puteri Lathopah, acara Tadarus Literasi, menghadirkan dua Narasumber handal, yaitu Kyai Yayan Bunyamin yang sukses dengan buku karyanya “Menalar NU” dan “Hujjah Annahdliyah”. Dalam paparannya ia berpesan, “Menulislah, supaya orang tahu kamu hidup di masa lalu”.

Kyai yang akrab dengan panggilan Kang Yamin juga menitipkan para santri untuk banyak membaca tulisan orang serta aktif menulis sejak dini, dan menjadi penulis merupakan hal yang sangat bisa dilakukan oleh santri karena di pesantren kita belajar segala hal terkait gaya bahasa serta keilmuan yang sangat luas.

Narasumber yang kedua dalam Tadarus Literasi semalam diisi oleh Kang Nunu Nazarudin Azhar, yang merupakan budayawan terkenal Tasikmalaya, sekaligus pimred di surat kabar di priangan timur. Karya monumentalnya adalah Buku yang berjudul “Miang” yang sudah mendapat banyak penghargaan.

Dalam paparannya, ia memberikan semangat kepada para santri untuk terus menempa diri, menggali bakat di bidang sastra dan literasi. Karena dulunya pegiat literasi pertama di Tasikmalaya adalah dari kalangan pesantren dah guru ngaji, hal itu dibuktikan dengan beredarnya surat kabar Al-Imtisal dan Al-Mawaidz (tahun 1911 – 1920.an).

Acara yang digagas H.Ricky Assegaf yang merupakan Pengasuh Ponpes Al-Hikmah Mugarsari mendapat atensi yang sangat positif dari para santri dan para pelajar. Disamping acara Tadarus Literasi, juga sekaligus pembukaan kegiatan Muharaman Santri Tahun 1442 Hijriyah.

Menurut H. Ricky, kegiatan Muharaman tahun ini dibuka dengan Tadarus Literasi, launching website dan koran digital, untuk memberikan motivasi para santri agar aktif menulis dan belajar literasi, dengan harapan para santri khususnya di Pondok Pesantren Al-Hikmah bisa berkarya, seperti yang sudah dilakukan oleh banyak pesantren-pesantren besar di jawa.

Pun untuk acara Muharaman sendiru akan dilaksanakan hingga sepekan kedepan dengan diisi berbagai perlombaan bidang keagamaan, kreasi seni, olah raga serta berbagai permainan khas Agustusan sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75. (Ejah)

Tags:
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Suara Nahdliyyin