Satu dalam Persaudaraan, Satu Indonesia Sambut Kejayaan!! MA FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN PERINGATI HAUL KH. ABDURROHMAN QOSHIDIL HAQ KE 81 SECARA VIRTUAL - Suara Nahdliyyin
banner 728x90

MA FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN PERINGATI HAUL KH. ABDURROHMAN QOSHIDIL HAQ KE 81 SECARA VIRTUAL

nahdloh.com~ Mranggen, Setiap tahunnya peringatan haul Syeikh KH. Abdurrohman Qoshidil Haq dan Masyayikh Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen diadakan pada tanggal 12 Dzulhijjah. Kepanitiaan yang biasanya dilaksanakan oleh Yayasan Pondok Pesantren Futuhiyyah tahun ini ditiadakan karena pandemi covid-19 dan pemberlakuan PPKM darurat yang diperpanjang oleh pemerintah.

MA Futuhiyyah 2 Mranggen mengambil inisiatif untuk  mengadakan haul haul Syeikh KH. Abdurrohman Qoshidil Haq dan Masyayikh Pondok Pesantren Futuhiyyah ke-81 secara virtual pada Kamis (22/7).

Peringatan haul diadakan melalui media Zoom Cloud Meeting dan live streaming youtube yang telah disiapkan tim media MA Futuhiyyah 2 Mranggen. Acara dimulai dari pukul 09.30 sampai 12.00 WIB.

Haul virtual yang dihadiri oleh ratusan partisipan dari para guru, siswa-siswi dan para alumni ini dimulai dengan tadarus dan Khatmil Qur’an sebanyak 21 majlis khataman dipimpin oleh Ustadz Ahmad Dliya’uddin Zabidi. Sedangkan pembacaan Tahlil dipimpin oleh KH. M. Noor Wahid dan doa oleh KH. A. Halimi Husein. 

Dalam sambutannya, kepala madrasah KH. Ahmad Faizurrahman Hanif, Lc menyampaikan rasa terima kasih kepada semua yang hadir atas partisipasinya dalam majlis haul virtual. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa peringatan haul ini merupakan momentum mengingat kembali pendiri dan sesepuh Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen dan sarana menyambung kembali ruh kepada para guru, sehingga hati terfutuh (terbuka) melaksanakan  ibadah kepada Allah SWT

“Sesukses apapun kita saat ini tak lepas dari peran dua orangtua yakni orangtua kandung dan orang tua ruhani (guru).” jelasnya.

Dalam pembacaan manaqib Syeikh KH. Abdurrohman Qoshidil Haq, Gus Faiz memaparkan bahwa Syeikh KH. Abdurrohman Qoshidil Haq lahir  pada tahun 1872 dan wafat 1942 di kampung Suburan. Pada tahun 1901 beliau membangun surau kecil untuk pengajian dan pengembangan dakwah dalam menyebarkan ilmu agama. Surau kecil ini nantinya menjadi cikal bakal berdirinya Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen. Beliau ini adalah ayah dari syeikh KH. Muslih Abdurrohman seorang guru Tarekat Qodiriyyah wa Naqsyabandiyyah yang sudah masyhur di Indonesia.

“Mengutip wasiat dari Mbah Muslih agar keluarga dan para santri menggabungkan peringatan haul beliau dengan peringatan haul Simbah Abdurrohman Qoshidil Haq. Supaya nantinya tidak memberatkan para santri dan alumni dalam memperingati haul pendiri, keluarga dan masyayikh. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Abah KH. Muhammad Hanif Muslih.” paparnya.

Dalam mauidzoh hasanah yang disampaikan oleh KH. Helmi Wafa Mahsuni bahwa Islam yang masih melestarikan dan mengadakan peringatan haul adalah Islam ahlusunnah wa al-jama’ah an-nahdliyah. Mengutip buku Peringatan Haul Ditinjau dari Hukum Islam karya KH Muhammad Hanif Muslih, secara etimologi makna haul berarti satu tahun. Penggunaan haul dalam istilah bermakna peringatan yang diadakan setahun sekali bertepatan dengan wafatnya tokoh masyarakat. Mereka adalah alim ulama yang sekaligus pejuang. Kontribusi mereka bagi masyarakat membuat sosok yang selalu diingat sepanjang masa. 

“Ketika shohibul  haul adalah sosok kyai, sosok ‘alim, sosok pejuang maka sejatinya kita berdoa untuk mengharapkan luberan berkah darinya.” Ungkap Gus Helmi.

Lebih lanjut, Gus Helmi memaparkan tujuan peringatan haul yakni mengikuti ajaran sunnah Rasulullah SAW, mendoakan shohibul haul sekaligus mendoakan diri sendiri, mengenang kebaikan-kebaikan selama  hidupnya dan meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga dengan washilah Haul ke 81 ini, Allah SWT menurunkan rahmat dan keberkahan khususnya keluarga besar MA Futuhiyyah 2 Mranggen dan menjadi pelajaran juga  teladan bagi kita dalam meningkatkan ibadah dan kualitas hidup kita untuk meraih keselamatan dunia dan akhirat.” harapnya. (bz)

Tags:
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan