Satu dalam Persaudaraan, Satu Indonesia Sambut Kejayaan!! LAZISNU Kendal Launching Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat - Suara Nahdliyyin
banner 728x90

LAZISNU Kendal Launching Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Foto : Ketua LAZISNU Kendal Khusnul Huda saat memberikan bantuan bibit Panili pada warga Kecamatan Plantungan (ft.dokumentasi Lazisnu Kendal)

nahdloh.com~ Kendal, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Kendal menggerakkan masyarakat untuk produktif dalam memanfaatkan lahan yang dimiliki. Wujudnya melalui penanaman Vanili

“Bantuan bibit Panili kepada masyarakat ini terkait program pemberdayaan ekonomi masyarakat,” kata Ketua LAZISNU Kendal, Khusnul Huda saat dimintai keterangan disela aktifitasnya di Graha PCNU Kendal, Jalan Soekarno Hatta no 299, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Senin (6/4)

Menurut Huda, daerah Plantungan merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Kendal yang dinilai cocok untuk pohon Vanili. Selain itu, masih banyak masyarakat yang memiliki lahan yang bisa digunakan untuk menanam Vanili.

Alumni Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen ini melanjutkan, proses dan perawatan Vanili lebih mudah dan tidak njlimet. Selain itu, Vanili termasuk komoditas unggulan yang hasilnya cukup menjanjikan.

“Karena itu kami, Lazisnu Kendal membuat program pemberdayaan masyarakat dengan memilih tanaman Vanili. Walaupun panennya masih agak lama, ini diharapkan bisa jadi tabungan jangka panjang bagi warga,” tuturnya.

Selain menerima bantuan bibit, sambungnya, masyarakat juga didampingi, mulai dari pelarihan penanaman, perawatan tanaman hingga sampai masa panen nanti. “Kita monitor dan dampingi sampai proses penjualannya. Dalam pendampingan, kami bekerjasama dengan Paguyuban Petani Vanili Indonesia (PPVI) Kabupaten Kendal, dan Lazisnu Plantungan untuk terus melakukan pengawalan,” paparnya.

Meski program ini baru dilaunching pada Sabtu (4/4) kemarin, namun sudah memberikan bantuan bibit Vanili Sebanyak 560 bibit kepada 56 warga yang tersebar di 7 desa di Kecamatan Plantungan. “Kami langsung roadshow ke desa dengan didampingi Lazisnu MWC,” pungkasnya. (Fitri)

Tags:
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Suara Nahdliyyin
%d blogger menyukai ini: