Satu dalam Persaudaraan, Satu Indonesia Sambut Kejayaan!! Jaga Ketentraman Masyarakat, Ansor Kendal Semprot Disinfektan 685 Masjid, Gereja, dan Fasum - Suara Nahdliyyin
banner 728x90

Jaga Ketentraman Masyarakat, Ansor Kendal Semprot Disinfektan 685 Masjid, Gereja, dan Fasum

nahdloh.com~ Kendal, Perkembangan PDP (Pasien Dalam Pangawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan) Corona Virus Disease atau Covid-19 di Kabupaten Kendal kian hari kian meningkat. Hal ini mengakibatkan keresahan warga Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Imbasnya menimbulkan kepanikan masyarakat untuk beraktifitas dan beribadah di luar rumah, bahkan banyak kegiatan keagamaan terpaksa ditiadakan.

“Kita semua punya tanggungjawab dalam mencegah penyebaran virus covid-19 untuk membantu program Pemerintah, khususnya di daerah Kabupaten Kendal, karena itu GP Ansor dan Banser perlu melakukan penyemprotan disinfektan ke masjid-masjid, sarana Ibadah lainnya (gereja) serta fasilitas umum yang sering digunakan kegiatan masyarakat, ” kata Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Kendal, Misbachul Munir disela kegiatan semprot disinfektan di Masjid Agung kendal, Kamis (26/3/2020) malam.

Untuk itu, lanjutnya, GP Ansor Kabupaten Kendal melakukan penyemprotan ke 685 masjid yang ada di Kabupaten Kendal. Teknisnya, melalui kader Ansor Banser yang tersebar di seluruh penjuru Kabupaten Kendal secara serentak. Secara simbolis dilaksanakan di Masjid Agung Kendal, Desa Pakauman, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah,

Gus Misbah, sapaanya, berharap ketakuan menggelar shalat berjamaah dan shalat Jumat harus diminimalisir. Selain itu, agar warga tetap mendapatkan bimbingan dari para pemuka agama dan beraktifitas di lingkungannya dengan nyaman.

“Kami lakukan pada Kamis malam, karena besoknya (hari ini,red) masjid masih tetap dipergunakan untuk shalat Jumat,” ujarnya.

Meski demikian, Gus Misbah mengingatkan untuk tetap waspada terhadap virus yang menjadi pandemi tersebut, “Harapan kami tentunya masyarakat tetap waspada, jangan terlena karena adanya penyemprotan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, santri jebolan Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen ini mengungkapkan, kegiatan tersebut terlaksana dengan dukungan dari BAZNAS Kabupaten Kendal. Selain penyemprotan, Ansor Kendal dan BAZNAS Kabupaten Kendal juga memberikan bantuan Drum Cuci Tangan beserta Hand Sanitizier untuk 100 masjid di Pantura yang sering dijadikan persinggahan untuk ibadah.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Kabupaten Kendal, M Toha mengatakan, masjid bisa digunakan untuk Shalat Jumat asalkan sudah disemprot desinfektan serta jamaah satu dengan yang lain dijaga jaraknya. “Jika memang akan menggelar Shalat Jumat maka ketentuan yang berlaku harus diterapkan diantaranya bebas virus dengan menyemprot desinfektan dan juga ketentuan jarak setiap jamaah,” ujarnya.

Sementara, Ketua Baznas Kendal KH Ubaidillah menyatakan sudah mengirimkan bahan desinfektan ke 802 masjid di Kendal, total sebanyak lima drum dan sudah diterima. “Satu masjid bisa di pakai untuk dua kali pelaksanaan sholat jumat,” katanya. (*)

Tags: ,
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Suara Nahdliyyin
%d blogger menyukai ini: