Satu dalam Persaudaraan, Satu Indonesia Sambut Kejayaan!!
banner 728x90

IGNORANSI

Nahdloh.com

Masalah pokok masyarakat kita akhir-akhir ini adalah ignoransi. Ini adalah suatu sikap tidak peduli, acuh-tak-acuh, terhadap sesuatu di luar diri. Sikap ini tidak berhubungan dengan kepintaran, tetapi cukup pasti bersumber dari keyakinan.

Misalkan soal bendera HTI. Sesungguhnya mereka yang aksi bela tauhid sudah tahu bahwa itu adalah bendera HTI. Mereka juga sudah tahu bahwa HTI dilarang di negeri ini dan di negeri-negeri lainnya, termasuk di Arab Saudi.

Ketika Habib Rizieq Shihab diinterogasi oleh pihak Arab Saudi, lalu dibebaskan setelah bernogosiasi dengan pihak KBRI, mereka tetap tidak peduli. Ignoransi telah menutupi kemampuan akal sehat untuk mencerna apa yang terjadi di depan mata. Mereka tetap kukuh dengan keyakinannya yang tidak jelas entah apa.

Terhadap kaum ignoran, tidak perlu berdialog panjang lebar. Kalau perlu diberi tahu, beri tahu seperlunya. Tidak usah mengharap mereka mengerti sesuatu yang sejatinya sederhana. Hanya cahaya hidayah yang mampu menerangi kegelapan pikiran mereka.

Lebih baik arahkan saja usaha dialogis kita kepada kalangan yang masih bimbang. Jumlah mereka besar. Mereka hampir jatuh ke jurang ignoransi, tetapi masih bisa diselamatkan.

Oleh : Amin Muzakir

(Peneliti LIPI)

Tags:
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Suara Nahdliyyin
About
%d blogger menyukai ini: