Satu dalam Persaudaraan, Satu Indonesia Sambut Kejayaan!! Adik Aktivis 96 itu kini menjadi ketua PC PMII Kota Tasikmalaya - Suara Nahdliyyin
banner 728x90

Adik Aktivis 96 itu kini menjadi ketua PC PMII Kota Tasikmalaya

Oleh : Ilham Abdul Jabar

Siapa yang tidak tahu peristiwa kerusuhan sosial 26 Desember 1996 di Tasikmalaya ? Peristiwa penganiayaan santri oleh oknum aparat yang memicu amuk rasial itu, menggerakan hati semua orang termasuk Almarhum Abdul Muis, beliau terketuk hatinya untuk ikut andil menyuarakan keadilan, hingga Almarhum digelari Aktivis 96.

Perjuangan beliau pun sekarang diteruskan adiknya, Muhaemin Abdul Basit, ia lahir pada tahun kerusuhan itu terjadi. Tepatnya pada 5 Agustus 1996. Di lingkungan Mahasiswa dia dikenal dengan panggilan Cak Umin, Mahasiswa Universitas Siliwangi yang mengambil fakultas pertanian.

Pertama kali saya mengenalnya di tahun 2019 waktu saya belum menjadi kader PMII. pada waktu itu saya ditugaskan menjadi Spoot Checker oleh salah satu Lembaga Survei, dan kebetulan Cak Umin ini menjadi salah satu anggota surveyor saya.

Sempat saya menemaninya survei di lapangan, karena ia telah melakukan survei namun dengan rumus yang salah, akhirnya dengan terpaksa saya menemaninya survei kembali ke daerah Kecamatan Karangnunggal.

Awalnya saya tidak tahu bahwa dia itu Ketua Pengurus Komisariat PMII Universitas Siliwangi periode 2019-2020. Tahu-tahunya pada waktu saya menjadi peserta MAPABA PMII yang kebetulan diselenggarakan Rayon FAI Unsil, dan dia mengisi materi sejarah PMII.

Singkat cerita saya semakin dekat dan semakin mengenalnya, ditambah dia juga dekat dengan Pimpinan Pesantren Al-Hikmah Mugarsari tempat saya tinggal dan mengabdi di tempat itu.

Pada Konfercab tahun kemarin, dia diberi amanat oleh Ketua Pengurus Cabang (PC) PMII Kota Tasikmalaya untuk menjadi ketua kaderisasi. Tugasnyapun dilakukan dengan sungguh-sungguh, yang dibuktikan dengan menciptakan PPKI (Panitia Perumus Kaderisasi PMII). Bukan hanya itu saja, setiap momentum aksi di lapangan, dia selalu menjadi orang terdepan yang menyuarakan keadilan.

Pada Konfercab tahun ini, ia mencalonkan diri sebagai Ketua PC PMII Kota Tasikmalaya bersama Nawaf Yusuf Sektretaris Umum PC PMII Kota Tasikmalaya periode 2020-2021.

dengan mambawa visi ‘terwujudnya PMII Kota Tasikmalaya yang berkarakter secara pemikiran dan gerakan,’ Doa dan dukungan pun ia mohonkan kepada Tuhan dan para Kiai.

Tanggal 4 Juli 2020, Konfercab pun diselenggarakan dengan suasana yang diliputi ketegangan, akhirnya Cak Umin bisa mengungguli suara Nawaf Yusuf. Ketua BPK pun memutuskan Cak Umin atau Muhaimin Abdul Basit secara sah.. menjadi Ketua Mandataris PC PMII Kota Tasikmalaya periode 2021-2022.

Selamat Sahabat, kau menorehkan prestasi luar biasa. Di sana Mendiang kakakmu akan merasa bangga mempunyai adik yang terus melanjutkan perjuangannya. Ini langkah awal, lanjutkan sampai ke DKC bahkan ke PB.

Dzikur, fiqir, amal shaleh

Tags:
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan