Resolusi Jihad dan Hari Pahlawan Nasional, Semoga NKRI Senantiasa dalam Lindungan Allah SWT
banner 728x90

Pengamalan Do’a Qunut Nazilah

Nahdloh.com~Doa Qunut Nazilah, yaitu doa yang dibacakan setelah ruku’ (i’tidal) pada rakaat terakhir shalat. Hukumnya sunnah hai’ah (kalau lupa tertingal tidak disunatkan bersujud sahwi). Qunut Nazilah dilaksanakan karena ada peristiwa (mushibah) yang menimpa, seperti penindasan terhadap kaum Muslimin, bencana alam, flu burung dan lainnya.

 

Seperti sudah disinggung di atas, qunut nazilah adalah qunut yang dilakukan saat terjadi malapetaka yang menimpa kaum muslimin. Seperti dulu ketika Rasulullah Saw. atas permintaan Ri’l Dzukwan dan ‘Ushiyyah dari kabilah Sulaim, mengirim 70 orang Quraa (semacam guru ngaji) untuk mengajarkan Soal agama kepada kaum mereka. Dan ternyata setelah sampai di suatu tempat yang bernama Bi’r al-Ma’uunah orang-orang itu berkhianat dan membunuh ketujuh puluh orang Quraa tersebut.

 

Atas Peristiwa itu, Rasulullah SAW melakukan qunut selama satu bulan untuk mendoakan pembunuh-pembunuh para sahabatnya di Bir Al-Maunah.

Menurut Imam Syafi’i, Qunut Nazilah disunnahkan pada setiap shalat lima waktu, setelah rukuk yang terakhir, baik oleh imam atau yang shalat sendirian (munfarid): bagi yang makmum tinggal mengamini doa imam.

Qunut nazilah sama dengan qunut Subuh. Bacaannya juga sama seperti doa yang datang dari Rasulullah Saw. dan populer itu:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ،فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَيُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
Hanya dalam qunut nazilah dapat ditambahkan sesuai kepentingan yang berkaitan dengan situasi atau musibah yang terjadi. Misalnya kekacauan suatu bangsa dan tragedi Rohingya dan lainnya yang menimpa kaum muslimin, kita bisa memohon kepada Allah agar penderitaan saudara-saudara kita di sana segera berakhir dan Allah mengutuk mereka yang lalim.
qunutnazilah
“ Ya Allah, sesungguhnya kami bermohon pertolongan Mu, kami meminta ampun kepada Mu, kami memohon petunjuk dari Mu, kami beriman kepada Mu, kami berserah kepada Mu dan kami memuji Mu dengan segala kebaikan, kami mensyukuri dan tidak mengkufuri Mu, kami melepaskan diri daripada sesiapa yang durhaka kepada Mu. Ya Allah, Engkau yang kami sembah dan kepada Engkau kami bersalat dan sujud, dan kepada Engkau jualah kami datang bergegas, kami mengharap rahmat Mu dan kami takut akan azab Mu kerana azab Mu yang sebenar akan menyusul mereka yang kufur Ya Allah, Muliakanlah Islam dan masyarakat Islam. Hentikanlah segala macam kezaliman dan permusuham, Bantulah saudara-saudara kami di mana sahaja mereka berada. Angkatlah dari mereka kesusahan, bala, peperangan dan permusuhan. Ya Allah, selamatkanlah kami dari segala keburukan dan janganlah Engkau jadikan kami tempat turunnya bencana, hindarkanlah kami dari segala bala kerana tidak sesiapa yang dapat menghindarkannya melainkan Engkau, ya Allah.”
Atau untuk keselamatan Bangsa Indonesia (Qunut Nazilah Bah Basyim Ass’ary)
اللّهمَ أَيْقِظْ قُلُوبَ العلماءِ وَالمُسلِمِينَ مِنْ نَومِ غَفْلَتِهِمِ العَمِيقِ وَاهدِهِم الى سبيلِ الرَّشادِ.
اللّهمّ يا حىًُ يا قيُّومُ اَحىِ جَمعِيَتَنَا جمعية نهضة العلماء واحى بلدنا بلد اندونسيا حياة طيبة الى يوم القيامة ببركة ” فلنحيينه حياة طيبة ” فاجعل أفئدة من الناس تهوى اليهم وارزقهم من الثمرات لعلهم يشكرون” وارزقهم قوّة غالبة من كلّ باطل و ظالم وفاحش وسوء لعلهم يتقون
Atau memohon perlindungan dan menangkis Kejahatan musuh
qunut-nazilah
(cp)**
Tags:
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

2 Responses

  1. Sony NurFebruari 4, 2017 at 10:26 pmReply

    Hadis sahih Qunut Subuh dan Qunut Nazilah , mari berkunjung ke blog saya http://www.newsalafy.top/2016/02/qunut-subuh-sahih-sholat-sebagaimana.html?m=1

    • ArifFebruari 26, 2017 at 4:56 pmReply

      Oke

Tinggalkan Balasan