Selamat Hari Raya `Idul Fitri 1439 H, Minal `Aidin wal Faizin, Kullu `Aam wa Antum bi Khoir, Taqobbala Allohu Minna wa Minkum, Siyaamana wa Siyaamakum, Taqobbal ya Kariim
banner 728x90

PB PMII Angkat Bicara Soal Potensi Maritim

ilustrasi

nahdloh.com~ Jakarta, Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) memandang potensi laut Indonesia sangat luar biasa. Potensi tersebut tergambar dari total wilayah 77 persen Indonesia merupakan perairan. Oleh karenya potensi tersebut meski di optimalisasi dengan berbagai cara salah satunya melalui aspek yuridis.

“Bayangkan saja secara geografis panjang garis pantai Indonesia sekitar 81000 kilometer. Sebagai negara kepulauan memang Indonesia ditakdirkan sebagai negara maritim maka sudah barang tentu Indonesia harus jadi poros maritim dunia,” ungkap Ketua Bidang Kemaritiman Ayi Sopwanul Umam kepada NU Online kemerin (26/05/2017).

Pria yang akrab disapa kang Obay itu mempertegas bahwa dunia internasional mengakui republik Indonesia memiliki potensi kekayan maritim yang luar biasa dengan karakteristik pulau dan masyarakat yang sangat heterogen yang justru laut menjadi jalan pemersatu antar masyarakat satu dengan masyarakat lainnya.

“Pada tanggal 10 desember 1982 United Nations convention on the law sea) melahirkan sebuah implementasi penerapan alur laut kepuluan menjadi acuan batas negara indonesia,” papar pria kelahiran cianjur jawa barat itu.

Namun, kata Obay. Saat ini potensi tersebut belum di optimalkan secara maksimal. oleh karenya perlu ada diskusi panjang dan tindakan yang serius untuk merumuskan solusi kongkrit terutama soal payung hukum maritim. Persoalan tersebut terbukti masih banyaknya ketimpang tindihan antara lembaga satu dengan lembaga lain.

“Banyak ancaman baik militer ataupun non militer seperti penangkapan ikan secara ilegal, penyelundupan narkotika, perdagangan manusia ataupun pembajakan wilayah, oleh karenya PB PMII sangat penting untuk terlibat dalam mengkaji dan merekomendasi gagasan – gagasan soal tata kelola potensi maritim secara keseluruhan,” ungkanya
PB PMII Bidang kemaritiman kini konsen dalam mengkaji hal tersebut dengan mendatangkan orang – orang yang ahli di bidangnya. (wan)

Tags: ,
banner 468x60 banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

Suara Nahdliyyin
About
%d blogger menyukai ini: