Kirab Satu Negeri, #KitaIniSama Bela Agama, Bangsa Negeri!!
banner 728x90

Menjaga Tradisi Intelektual, Klasika Lampung Buka Kelas Pondok Angkatan ke-3

nahdloh.com~Kandarlampung, Klasika merupakan akronim dari kelompok studi kader.

Kata Klasika berasal dari kata klasikal yang berarti secara bersama-sama di dalam kelas.  Hal ini dimaksudkan untuk membangun kesadaran belajar dari para generasi muda di Provinsi Lampung.

Klasika hadir sebagai sebuah wadah di tengah minimnya minat belajar secara serius para generasi muda, dengan menggunakan prinsip kebersamaan, dalam perjalannya Klasika telah menggelar beberapa agenda sebagai upaya untuk membangkitkan gairah belajar anak muda di Provinsi Lampung. Maka selanjutnya untuk kembali menjaga tradisi intelektual di kalangan generasi muda khusunya mahasiswa, Klasika kembali membuka kelas pondok angkatan ke-3, yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Januari – 2 Maret 2018 dengan mengangkat tema “Membangun Nalar Menuju Subjek Gerakan”.

“Tema ini diangkat semata-mata untuk membangun cara berpikir para peserta pondok untuk dapat berpikir secara logis dan menjadi pelaku-pelaku gerakan tanpa kehilangan identitasnya sebagai anak bangsa,” kata Mufid salah satu panitia, melalui pesan tertulis, Kamis (18/01/2018).

Seperti pada kelas pondok yang dilaksanakan sebelumnya, Klasika akan kembali membedah beberapa tokoh filsafat. Dimulai dari filsafat Yunani kuno, modern, dan postmodern. Materi ini diberikan sebagai pisau analisis para peserta pondok untuk merangsang cara berpikir yang logis dan semakin percaya diri dalam berargumentasi.

“Sebagaimana yang kita tahu, dalam berargumentasi tentu harus disertai dasar yang jelas, cara berpikir inilah yang diharapkan mampu diterapkan oleh para peserta pondok,” ungkapnya.

Dengan dibekalinya para peserta pondok kata dia, dengan pisau analisis ini sekiranya para peserta pondok mampu  membangun paradigma kritis dalam tiap gerakannya. Hal ini penting, mengingat dalam meng-upgarde kesadaran para peserta kelas pondok dibutuhkan ilmu-ilmu logika sebagai pisau analisis. Tak lupa pula untuk menjaga keseimbangan antara aspek kognitif dan afektif maka dalam kelas pondok angkatan ke-3 ini klasika akan melaksanakan tradisi-tradisi yang diwarisi oleh ulama-ulama nusantara. Serta untuk memperteguh posisinya sebagai anak bangsa yang lahir sebagai muslim Indonesia yang mewarisi cara-cara berdakwah Wali Songo maka kelas pondok kali ini juga akan membedah Islam nusantara sebagai bekal para peserta pondok untuk dapat melihat secara jernih gerakan-gerakan yang banyak mengatasnamakan Islam belakangan ini.

“Dengan demikian kelas pondok angkatan ke-3 ini diharapkan menjadi sebuah solusi  di tengah minimnya budaya intelektual generasi muda di provinsi Lampung,” imbuhnya.

Ia menerangkan, untuk mengikuti kelas pondok angkatan ke-3 ini berikut syarat dan ketentuannya:

a. ‌Kelas pondok berlangsung selama 40 hari, 22 Januari-2 Maret 2018.

b. ‌Selama mengikuti kelas pondok, peserta tinggal di Rumah Ideologi Klasika, Jalan Sentot Alibasa Gang Pembangunan E / A5 Nomor 121, Way Dadi, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung.

c. ‌Menyiapkan logistik / kebutuhan pribadi selama mengikuti kelas pondok.

d. ‌Peserta terbatas, maksimal 10 orang.

e. ‌Peserta diharapkan membawa alat tulis kantor dan laptop.

f. ‌Peserta membayar biaya registrasi sebesar Rp. 100.000,-. (rilis)

Tags:
banner 200x200 banner 468x60

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

Suara Nahdliyyin
About
%d blogger menyukai ini: