Resolusi Jihad dan Hari Pahlawan Nasional, Semoga NKRI Senantiasa dalam Lindungan Allah SWT
banner 728x90

Mengejutkan, Siswa Mondok SMA N 1 Tasik Hapal al-Quran Hampir 2 Juz dalam 3 Hari

Nahdloh.com~ Tasikmalaya, Siswa SMA N 1 Kota Tasik yang memilih Mondok di Pesantren dalam mengisi liburannya kembali membuat kejutan. Kali ini dalam tempo tiga hari beberapa siswa/santri sudah bisa menghapal al-Quran hampir 2 Juz atas nama Muhammad Haikal, Alhamdi, Haura, Yunita, Rona, Syifa dan Romiz.

Walaupun mereka tidak punya latarbelakang nyantri sebelumnya, ternyata jika ditekuni dan dipelajari dengan fokus bisa juga.

Cara menghapal al-Quran memang memiliki teknik tersendiri selain teknik konvensional. Seiring dengan perkembangan dan penemuan-penemuan metode menghapal al-Quran dengan cepat. Maka tidak ada alasan untuk tidak bisa, hanya kemaun dan tekad saja yang membedakan untuk saat ini.

Salah satu metode yang diterapkan adalah dengan mengintensifkan waktu menghapal dan setoran pada pembimbing serta muroja’ah untuk menjaga hapalan.

Pimpinan Pesantren al-Hikmah Tamansari H. Ricky Assegaf saat ditemui Nahdloh.com berpesan dan mengingatkan supaya menjaga hapalan.

“Yang perlu ditekankan pada para santri adalah menjaga hapalannya, salah satu caranya yang sudah hapal digunakan ketika shalat.” Kata H. Ricky

Beliau juga sedikit menjelaskan hikmah dari menghapal al-Quran dan dampaknya.

“Adanya para Hafidz membuktikan bahwa al-Quran akan senantiasa terjaga keotentikannya serta akan memberikan dampak pada lingkungan dan syafa’at pada keluarganya.” Tandasnya

Karena niat awal mereka mondok adalah tahfid al-Quran maka sangat mudah menghapal alquran dengan metode dan teknik menghapal yang diberikan.

Program ini bagi SMA N 1 memang baru, akan tetapi sudah dianggap berhasil dan membanggakan walaupun perlu terus dievaluasi, seperti yang diutarakan oleh Ir. Yonandi, S, Si., M, T. saat acara hapalan para santri diperdengarkan di depan orang tua mereka.

“Kami bangga dengan program mondok ini. Kedepan ditawarkan ke kelas reguler supaya program ini terus berkesinambungan, dan menciptakan huffadz baru.” ujarnya. (cp) ***

Tags:
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan