Resolusi Jihad dan Hari Pahlawan Nasional, Semoga NKRI Senantiasa dalam Lindungan Allah SWT
banner 728x90

BNPT Pantau Penyebaran Paham Radikalisme di Kalangan Dosen dan Mahasiswa

Nahdloh.com~ Genderang perang melawan paham radikalisme dan terorisme terus dipukul oleh pemerintah RI. Bahkan untuk menangkal penyebaran itu, pemerintah RI telah menyiapkan langkah untuk mendeteksi penyebaran khususnya yang masuk melalui Perguruan Tinggi.

Melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dilakukan strategi pengawasan terhadap penyebaran paham radikalisme yang bisa memicu terjadinya aksi terorisme di lingkungan kampus.

“Kami terus pantau bersama Menristek soal penyebaran paham radikalisme di lingkungan kampus. Kami juga terus lakukan sosialisasi karena ini rawan,” kata Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius usai rapat di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (03/01/2017).

Menurut Suhardi, sosialisasi itu, menurutnya, penting dilakukan karena ada kemungkinan mahasiswa, bahkan dosen terlibat penyebaran paham radikalisme.

“Kan, tidak menutup kemungkinan ada dosen atau mahasiswa yang terkena efek (radikalisme) ini,” kata Komisari Jenderal Polisi Suhardi.

Suhardi juga mengatakan saat ini pihaknya telah menggandeng 27 kementerian dan lembaga negara untuk menanggulangi terjadinya segala bentuk aksi terorisme.

Sebelumnya hanya ada 25 kementerian dan lembaga yang menjadi mitra BNPT untuk menanggulangi kegiatan yang meresahkan masyarakat itu.

Lebih lanjut, Suhardi menyebut kementerian dan lembaga yang tergabung itu nantinya akan saling berintegrasi. Misalnya, untuk akses keamanan pihaknya akan berintegrasi dengan TNI dan Polri. Sementara untuk akses sosial maka akan berlanjut ke Kementerian Sosial.

“Dan itu berlanjut, misalnya tadi yang di lingkungan kampus itu Menristek, seterusnya saja, semuanya jadi ambil peran,” ujarnya.

Suhardi berharap, upaya tersebut bisa mereduksi akar masalah aksi terorisme dari hulu ke hilir.

“Kita kan berintegrasi antar kementerian jadi ya semoga bisa menghilangkan paham-paham radikalisme yang berujung pada kemungkinan adanya terorisme,” paparnya.

Sumber : cnnindonesia.com

Tags:
banner 200x200 banner 468x60

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan