banner 728x90

Latihan Bareng FPI, Pencopotan Dandim Lebak Dinilai Tepat

Latihan Bareng FPI, Pencopotan Dandim Lebak Dinilai Tepat
TNI Latihan Bela Negara bersama FPI

Nahdloh.com~Jakarta, Ketua Setara Institute Hendardi menilai pencopotan Dandim Lebak oleh Pangdam III Siliwangi, Mayjen M Herindra, merupakan kebijakan tepat. Alasannya, yang bersangkutan telah bertindak tidak disiplin dengan menggelar kegiatan bela negara bersama Front Pembela Islam.

“Langkah ini diharapkan memberi pembelajaran satuan-satuan lain di TNI untuk tidak berpolitik di tengah ancaman atas kemajemukan dan kontroversi FPI,” kata Hendardi dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id di Jakarta, Senin, 9 Januari 2017.

Menurut Hendardi, seharusnya TNI menjaga jarak dengan kelompok intoleran yang destruktif pada kebhinekaan dan justru mengancam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dia pun menduga ada yang tidak beres di internal TNI yang dikenal sebagai organisasi dengan garis komando dan terstruktur paling solid di negeri ini.

“Tindakan di luar kendali atasan, biasanya menggambarkan ada masalah di tubuh TNI,” ujarnya.

Hendardi menambahkan, dalam situasi semacam ini, Presiden Jokowi tidak perlu bertaruh dengan tindakan-tindakan TNI yang kontraproduktif dengan agenda kepresidenan, meskipun tampak kecil di permukaan.

Oleh karena itu, dia meminta Jokowi melakukan evaluasi dan meminta pertanggungjawaban komprehensif atas program bela negara yang hampir dua dua tahun dijalankan oleh Kementerian Pertahanan dan TNI.

“Yang dibiayai dengan uang negara, pajak rakyat, tapi belum tampak output jelas,” tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, masyarakat sempat dihebohkan dengan beredarnya foto latihan bersama antara Front Pembela Islam (FPI) Banten dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodim Lebak Banten. Latihan tersebut dilakukan bergaya semi militer dan dilakukan pada Kamis, 5 Januari 2017, di Kabupaten Lebak, Banten.

“Bersama ini perlu disampaikan bahwa seluruh kegiatan latihan tersebut bukanlah latihan militer, tetapi latihan bela negara,” kata Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III Siliwangi, Letkol Arah M Desi Ariyanto, melalui pesan singkatnya, Minggu, 8 Januari 2017.

 

vivanews

Tags:
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan