Resolusi Jihad dan Hari Pahlawan Nasional, Semoga NKRI Senantiasa dalam Lindungan Allah SWT
banner 728x90

Kuat Hafalan dan Tidak Cepat Lupa

Nahdloh.com 

Sering kita alami dalam proses belajar, kita susah dalam menghafal pelajaran, sekalipun hafal, sering lupa. Ini menjadi halangan dalam pencapaian tujuan, lupa adalah manusiawi tapi kalau sering lupa mungkin ada sesuatu yang menjadi halangan.

Setelah membaca beberapa buku dan kitab tentang ilmu, saya mendapat keterangan dari Kitab Ta’lim “dan adapun sebab-sebab yang paling utama untuk kuat hafalan ialah bersungguh-sungguh, ulet, tidak banyak makan, dan shalat malam. Adapun membaca Al-Qur’an itu termasuk penyebab kuatnya hafalan. Ada ulama berkata : tiada sesuatupun yang lebih menambah kuatnya hafalan dari pada membaca Al-Qur’an sambil melihat Al-Qur’an”.

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kita harus senantiasa bersungguh-sungguh dan menyedikitkan makan, bahkan lebih baik melaksanakan puasa yang disunatkan dan melaksanakan shalat malam walaupun hanya dua roka’at.

Imam Syafi’i menyebutkan dalam Khutbahnya : “saya telah mengadukan kepada Imam Waki’ tentang buruknya hafalanku, lalu beliau memberi nasihat kepadaku agar meninggalkan segala macam maksiat, karena bahwasannya hafal Ilmu itu adalah karunia dari Allah, dan karunia Allah itu tidak akan dihadiahkan kepada orang orang yang berbuat maksiat”.

Ada kata bijak orang sunda : “elmu mah teu beurat mamawa” ( Ilmu itu tidak berat untuk dibawa ) artinya kalau hafalan kita sudah kuat, ingatan kitapun sudah kuat, kapanpun, dimanapun, kita bisa memanfaatkannya, dan mengamalkannya, dan apa yang menjadi tujuan kita dalam mencapai tujuan belajar, cita-cita akan dengan mudah tercapai.

Oleh karena itu, marilah mulai dari sekarang, saya mengajak Santri/Santriah yang tinggal di pondok Pesantren dimanapun berada, siswa ataupun mahasiswa yang sedang mencari ilmu untuk menyegerakan dan mengamalkan apa yang telah disebutkan dalam kitab tersebut, supaya menjadi santri dan pelajar yang keren.

Penulis adalah santri Ponpes Al-Hikmah Mugarsari

Tags: ,
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan