Tahun Politik, Tetap Jaga Ukhuwah!!
banner 728x90

Gus Rozin: Kemandirian dan Keragaman Pesantren tidak boleh “Dikebiri” oleh RUU

Gus Rojin (Kanan) bersama Ketua Aswaja Center KH. Yayan Bunyamin (Kiri), dalam Silaturahmi Pondok Pesantren, Kamis (24/1) di Ponpes Bahrul Ulum al-Mursyidi Awipari (Dok. Istimewa)

nahdloh.com~Tasikmalaya, Kamis malam (24/1), Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdatul Ulama (RMI NU) pusat, melakukan Silaturahmi bersama Pimpinan Pondok Pesantren se Kota Tasikmalaya, bertempat di Ponpes Bahrul Ulum KH. Bustomi Asrama Al-Mursyidi Mabda Takhosus pimpinan KH. Ahmad Munawwar Hidayatulloh

Ketua RMI NU, KH. Abdul Ghaffar Rozin mengatakan tujuan dilakukannya silaturahmi antara pimpinan pondok pesantren ini, beliau mengatakan akan lebih banyak mendengar daripada berbicara.

Beliau mengatakan terkait eksistensi pondok pesantren dari mulai berdirinya negara Indonesia sampai manfaat yang diterima pesantren saat ini.

“Untuk Pesantren penyerapan APBN bukanlah tujuan, tapi yang terpenting Rekognisi atau pengakuan dari negara, bahwa pesantren telah hadir sebelum Nusantara ini hadir,” tutur yang suka disapa Gus Rozin ini.

Menurutnya, sejauh ini seribu persen pesantren adalah swasta, tidak ada pesantren negeri, itulah kelebihan yang dimiliki pesantren.

Gus Rozin menjelaskan tugas dari pada RMI NU yang saat ini ia pimpin.

“Saat ini tugas kita, pesantren diarahkan, dorong untuk kemandirian pesantren, adapun RUU Pesantren tidak boleh menghilangkan identitas itu,” Ungkap salah satu Staf Khusus Kepresidenan RI itu.

Kelebihan pesantren, tambah Gus Rozin, ada pada kemandirian dan keragamannya, janganlah adanya RUU untuk penyeragaman berarti akan mengebiri terhadap pesantren.

Terakhir, menurutnta, saat ini sudah ada 19 Pengurus Wilayah, dan Jawa Barat masuknya terakhir, tapi itu keunikannya Jabar, candanya.

Selain Gus Rozin, hadir dalam acara tersebut Wakil bendahara RMI NU Habib Soleh, Pimpinan Ponpes Bahrul Ulum KH. Cecep Ridwan, Ketua PCNU KH. Ate Musodiq, Direktur Aswaja Center Kyai Yayan Bunyamin, Jajaran Pengurus Ansor dan Rijalul Ansor, Para Putra Kyai. (cp)

Tags:
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Suara Nahdliyyin
About
%d blogger menyukai ini: