Tahun Politik, Tetap Jaga Ukhuwah!!
banner 728x90

ANSOR MANGKUBUMI OPTIMALIAN KAJIAN BULANAN

nahdloh.com~Tasikmalaya, PAC Ansor Kecamatan Mangkubumi bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Miftahul Huda 627 Cisalam Kelurahan Karikil Kota Tasikmalaya mengadakan kajian ansor bulanan, Hari Senin, 10 Desember 2018, bertempat di Madrasah Miftahul Huda 627 Cisalam Kelurahan Karikil.

Hadir pada acara tersebut Aj. Moch. Yasir Arafat, S.Sy Ketua MWC NU Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, K. Ade Rukma, SQ. Ketua MUI Kecamatan Mangkubumi dan Drs. Aep Saepudin, M.Pd Ketua DMI Kecamatan Mangkubumi, dari Polsek Mangkubumi diwakili oleh Kanit Intel, ketua PAC ANsor Kawalu, Indihiang dan Cipedes, Tokoh Masyarakat/Pemuda dan warga Cisalam lainnya.

Acara diisi oleh Sambutan Ketua PAC Ansor Kecamatan Mangkubumi Pariz Rizki Febriansyah, S.Sos, dan Sambutan dari K. Asep Dudung selaku pimpinan Lembaga Miftahul Huda 627 Cisalam Kelurahan Karikil. Acara kajian ansor bulanan dilaksanakan sampai pukul 22.30 WIB. Pada kegiatan kali ini, Ketua PAC Ansor mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak terkhusus kepada Sahabat-sahabat Ansor Mangkubumi dan kepada K. Asep Dudung selaku yang mempunyai tempat sehingga kajian dapat dilaksanakan. Ia berharap Ansor Mangkubumi lebih maju dan mengglobal serta cerdas berkualitas.

Kang H. Danial Hilmi Pimpinan Pesantren Manbaul Huda Peundeuy kelurahan Linggajaya sebagai pemateri pertama dalam kajiannya mengawali dengan “ngalogat” kitab “attahliyah wa altargib” sebab ngalogat adalah sebagai salah satu ciri Annahdiyah, adapun pengarang kitab tersebut adalah Sayyid Muhammad. Mukodimah:

بعد حمد الله والصلاة والسلام على خير أنبياه، أقول:
غير خاف أن تربية الناشئين تستلزم الوسائط التي توصل إلى تعهد الأجسام وحفظها ونموها وتكفل الوسائل التي ينشأ عنها ديب النفس بتعويد الناشئ على التبصر في الأمور

“Sudah tidak diragukan lagi bahwasanya pendidikan (karakter) generasi muda dapat menghantarkan atau mendorong pada keselamatan,merawat dan tumbuh kembangnya jasmani serta terjaminnya segala sarana yg dapat melahirkan generasi muda yg berpendidikan dan membiasakan untuk berfikir secara teliti sehingga kemudian harapannya dapat memilah dan mimilih perkara yang bermanfaat dan berbahaya atau yg baik dan jelek”

Selanjutnya pemateri yang kedua Aj. Sabik Mujahid Pimpinan Pesantren Almunawar Jarnaujiyah Pasir bokor kelurahan cipawitra menyampaikan kitab “Riyadussholihin” pengarang kitab tersebut adalah Imam Nawawi, adalah salah seorang ulama besar mazhab Syafi’i.

Sedangkan pemateri yang ke tiga adalah Aj. Bubung Nizar Pimpinan Pesantren Al-Mukhtariyah Rancamacan Cipari menyampaikan motivasi kepada Sahabat-sahabat Ansor dan Para Pemuda cikalamas yang hadir untuk terus menuntut ilmu supaya lebih cerdas dalam menerima informasi biar tidak termakan hoak dan menerima perbedaan tentu dengan keilmuan tidak perlu dengan cara yang tidak beradab.

Di akhir penyampaiannya, Aj. Bubung Nizar yang penuh semangat dengan suara lantangnya memberikan contoh perbedaan argumentasi Antara Imam syafi’I dan Imam Nawai tentang Rizki, ketika Argumen Imam Syafi’I bahwa rezeki itu harus dijemput sedangkan Imam Maliki berargumen bahwa Rizki itu sudah diatur oleh Alloh. Sekalipun berbeda pendapat kedua tokoh ini tidak saling menjelekan satu sama lain.
**********************************************
Semoga PAC Ansor Mangkubumi lebih maju dan mengglobal dan terus bersinergi dengan semua pihak.

by. Es_fhilo

Tags: ,
banner 200x200

Subscribe

Terimakasih anda sudah membaca Artikel ini

No Responses

Tinggalkan Balasan

Suara Nahdliyyin
About
%d blogger menyukai ini: